Pimpinan Komisi VI DPR RI Martin Manurung Ajak Masyarakat Untuk Pahami dan Manfaatkan Produk Asuransi

 

SUMUT,- Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung mengajak masyarakat untuk memahami dan memanfaatkan produk asuransi dan penjaminan yang telah disediakan negara. Yaitu produk asuransi yang tersedia di dalam ekosistem Indonesia Financial Group (IFG) yang merupakan Holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang Perasuransian dan Penjaminan.

Hal itu disampaikan Martin Manurung dalam kegiatan sosialisasi yang bertema “Peran Indonesia Financial Group (IFG) dan Anak Perusahaan Dalam Menyediakan Produk Asuransi dan Penjaminan di Masyarakat”, di Kecamatan Kotapinang, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Sumatera Utara, Jumat (17/9/2021).

IFG adalah Holding BUMN Perasuransian dan Penjaminan, yang antara lain beranggotakan PT Jasa Raharja, PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo), PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo), PT Jasa Asuransiy Indonesia (Jasindo), PT Asuransi Jiwa IFG, PT Jasa Raharja dan lainnya. IFG dibentuk untuk berperan dalam pembangunan nasional melalui pengembangan industri keuangan lengkap dan inovatif melalui layanan investasi, perasuransian dan penjaminan.

Dalam sambutannya, Martin menjelaskan bahwa di masa pandemi Covid-19 ini pemerintah terus berupaya untuk menjaga dan memperkuat perekonomian nasional. Antara lain melalui Program Keluarga Harapan, Kartu Sembako, Program Bantuan Beras Bulog, Program Bantuan Sosial Tunai, Bantuan Sosial Tunai Usulan Pemerintah Daerah, Subsidi/Diskon Listrik dan Abonemen, Program Kartu Prakerja, Subsidi Kuota Internet, Bantuan Langsung Tunai Dana Desa dan lain-lain.

Selain itu, lanjut Martin, Pemerintah juga memberikan berbagai program insentif dalam bentuk asuransi dan penjaminan yang fokus pada pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di berbagai sektor. Dengan berbagai program insentif itu, para pelaku UMKM diharapkan dapat memperkuat inovasi serta berupaya untuk terus menciptakan produk dan layanan, disesuaikan dengan kondisi saat ini.

“Karena itu, peran dan manfaat asuransi dan penjaminan perlu disosialisasikan secara baik kepada masyarakat, termasuk para pelaku UMKM. Terutama pemahaman mengenai peran dan manfaat dari produk dan layanan ekosistem asuransi yang ada di bawah naungan IFG. Agar manfaat dari kehadiran asuransi dan penjaminan ini dapat optimal dirasakan oleh masyarakat,” ujar Martin.

Martin berharap melalui kegiatan sosialisasi ini, para peserta mendapatkan pengetahuan baru terkait integrasi ekosistem asuransi yang tergabung dalam IFG, serta dapat memanfaatkan layanan yang disediakannya dengan baik.

“Saya berharap bapak dan ibu mengetahui apa saja produk BUMN terkait asuransi dan penjaminan, yang tersedia. Jika suatu hari nanti Bapak Ibu membutuhkan, maka dapat dimanfaatkan untuk memperkuat bisnis atau usaha bapak ibu,” katanya.

Martin juga yakin, integrasi ekosistem asuransi dan penjaminan milik negara di dalam ekosistem Indonesia Financial Group (IFG) akan dapat mengambil peran dalam mendukung dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional, yang menurun akibat dampak pandemi Covid-19 ini.

“Saat ini, BUMN bidang asuaransi dan penjaminan sudah kita konsolidasikan menjadi suatu ekosistem, yang diharapkan mampu menjadi salah satu tulang punggung untuk bisa mempercepat pemulihan ekonomi paska pandemi Covid-19”

Sosialisasi ini dihadiri langsung oleh pimpinan wilayah dari ekosistem IFG. Yaitu, Herny SP Manurung (Pemimpin PT. Askrindo Wilayah VI Medan), Winddy Dwi Cahyo (Pemimpin PT. Jamkrindo Cabang Medan), Gilang Wisyatama (Kepala PT. Jasindo Cabang Pematangsiantar), dan Abdul Bar (Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Kisaran). Mereka hadir menjadi narasumber dan menjelaskan langsung peran dan manfaat dari produk dan layanan penjaminan dari masing-masing perusahaannya.

Peserta yang terdiri dari para pelaku UMKM di bidang pertanian, perkebunan dan peternakan antusias mengikuti kegiatan dan disksui yang berlangsung selama tiga jam tersebut. (KP02, Red).

Tags: