Percha Leanpuri: Semangat Gotong Royong Mampu Atasi Covid-19

 

OKU Timur,- Dalam situasi pandemi Covid-19 dibutuhkan rasa nasionalisme, kekeluargaan, kebersamaan, dan gotong-royong. Masyarakat harus bahu membahu dalam menghadapi dan mengatasi pandemi ini dengan memberikan bantuan materil,maupun non materi, serta doa kepada anggota masyarakat yang terdampak.

Hal tersebut disampaikan oleh Anggota MPR RI Fraksi NasDem Hj. Percha Leanpuri, B.Bus., MBA dalam kegiatan Sosialisasi MPR RI Tentang Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika  di Desa Perjaya Barat Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan, 20 Juni 2020.

Menurut politisi Partai NasDem tersebut, nilai-nilai Pancasila, yang di dalamnya terkandung semangat nasionalisme, merupakan perasaan satu sebagai sebuah bangsa, satu sebagai warga negara Indonesia, tumbuhnya rasa saling mencintai sesama, cinta tanah air dan bangsa. Di sisi lain, rasa kekeluargaan, kebersamaan dan gotong-royong juga mendasari sifat persatuan Indonesia.

Selain itu, Nilai-nilai Pancasila yang tertuang dalam sila-sila Pancasila tentunya perlu tertanam di setiap hati masyarakat Indonesia. Nilai-nilai tersebut menjadi pedoman dan patokan dalam bernegara dan bermasyarakat bagi seluruh bangsa Indonesia. Dalam kondisi pandemi corona saat ini, tentunya nilai-nilai Pancasila memberikan lebih penyadaran spiritual bagi masyarakat, menumbuhkan nilai empati, tenggang rasa dan cinta bagi sesama, menjadi perekat bagi persatuan bangsa Indonesia, menjadi penyejuk dalam bernegara dan bermasyarakat, memberikan keadilan sosial serta kesejahteraan dalam berkehidupan bernegara.

Sementara dari pihak masyarakat mengharapkan pemerintah dapat membangkitkan mereka dari keterpurukan akibat dari pandemi covid-19 dengan melakukan pendekatan secara ekonomi dan sosial. Lambannya laju perekomian saat ini membuat mereka harus bertahan walau jatuh dalam keterpurukan. Semangat kebersamaan akan dapat tumbuh apabila ada perbuatan tolong menolong yang dapat mengangkat mereka dari keterpurukan secara ekonomi. Bentuk perhatian dari  pemerintah adalah bagian dari kehadiran pemerintah untuk bangkit bersama ditengah-tengah masyarakat.

Di akhir acara Sosialisasi, Hj. Percha Leanpuri tetap mengajak masyarakat untuk tetap peduli sesama, memakai masker, mencuci tangan dan disiplin dalam menerapkan pola hidup bersih dalam menghadapi kenormalan baru.

Tags: