Martin Tekankan Pentingnya Pelaksanaan Empat Pilar di Masa Pandemi Covid-19

 

Labuhanbatu, Sumut,- Anggota DPR/MPR RI Martin Manurung menekankan pentingnya pelaksanaan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, dalam kehidupan nyata sehari-hari, termasuk di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Hal itu disampaikannya dalam kegiatan Sosialisasi MPR RI tentang empat Pilar MPR RI, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, kepada masyarakat di Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara, 18/7/2020.

Menurutnya, empat pilar yang disebut di atas digali oleh para pendiri bangsa ini dari nilai-nilai yang hidup dan dilaksanakan oleh masyarakat kita sendiri, Nusantara. Selanjutnya, nilai-nilai tersebut dikemas menjadi kesepakatan kita dalam berbangsa dan bernegara.

“Itu kemudian menjadi kesepakatan kita sebagai warga bangsa, untuk memperkokoh sendi-sendi negara kita ini,” ujar Ketua DPP Partai NasDem tersebut.

Martin menjelaskan pentingnya implementasi empat pilar tersebut di masa pendemi Covid-19 ini.  Menurutnya kita saling bekerjasama, saling membantu dalam menghadapi pandemi ini. Kita harus bergotong royong. Misalnya ada saudara, tetangga atau kenalan kita yang terpapar oleh Covid-19, kita harus bantu agar mereka dapat memenuhi kebutuhan pangan misalnya. Jika mereka isolasi mandiri di rumah, maka tidak mungkin mereka pergi belanja ke warung. Karena itu kita bisa membantu menyediakan makanan atau bahan pangan. Bisa juga menyumbang atau membantu dalam bentuk lain.

“Para penderita ini kan tidak mungkin ke pasar ke warung, untuk berbelanja, paling tidak kita bantu untuk makanannya. Misalnya membelikan bahan makannya, bisa juga kita transfer, kita kasih bantuan, menyumbang, apapun bentuknya. kita harus bergotong royong untuk membantu mereka menghadapi covid-19 ini, bukan justru mengusir atau mengucilkan,” katanya.

Martin mengatakan, di masa pandemi ini, di masa yang sulit seperti ini, kita diuji, untuk dapat  melaksanakan nilai-nilai empat pilar dalam kehidupan kita masing-masing.

“Harapan saya di masa pandemi covid-19 ini kita tetap menjaga semangat gotong royong kita, semangat saling membantu,” katanya. (KP02).