Itje Siti Dewi Kuraesin Gelar Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Cipacing, Sumedang

 

Sumedang,- Anggota DPR/MPR RI Hj. Itje Siti Dewi Kuraesin, S.Sos, menggelar kegiatan Sosialisasi Empat  Pilar MPR RI, bersama masyarakat di Desa Cipacing, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Minggu (15/11/2020).

Dalam sambutan, Anton A.S, sebagai Ketua RW. 17 Desa Cipacing menyampaikan terima kasihnya kepada Hj. Itje yang dapat hadir di tengah-tengah masyarakat RW. 17 Desa Cipacing. Apalagi dalam kunjungan kali ini, Hj. Itje memberikan Sosialisasi 4 Pilar kepada masyarakat. Anton berpesan kepada masyarakat RW. 17 untuk dapat menyerap apa yang akan disampaikan oleh Hj. Itje dan narasumber, dengan harapan nilai-nilai Pancasila dapat kita pertahankan, karena Pancasila merupakan dasar negara kita.

Selanjutnya, H. Jafar Sidik, S.E selaku Ketua DPD Golkar Kab. Sumedang juga menyampaikan terima kasih kepada Hj. Itje, yang dapat hadir di Cipacing, yaitu sesudah menjadi Anggota DPR/MPR RI, memberikan ilmu yang bermanfaat untuk masyarakat.

“Dan perlu saya tekankan, menurut inofrmassi dari Pak Anton sebagai Ketua RW, baru Ibu Hj. Itje, Anggota DPR yang hadir pasca Pemilu 2019 lalu. Saya berharap pada kesempatan ini dapat dimanfaatkan oleh bapak ibu untuk berukar pijiran dengan ibu H. Itje, khusususnya mengenai 4 Pilar,”.

Marsub yang merupakan Sesepuh RW. 17 Desa Cipacing juga bersyukur Ibu Hj. Itje bisa hadir dalam rangka mensosialisasikan 4 Pilar, yang salah satunya Pancasila.

“Saya sebagai Purnawirawan TNI mewanti-wanti kepada bapak ibu yang hadir, bahwasanya sejak dulu dasar negara kita yaitu Pancasila terus digerogoti sampai sekarang. Maka dari itu saya berpesan kepada bapak ibu sekalian untuk terus menjaga marwah Pancasila dengan tujuna kerukunan kita sebagai warga negara Indonesia tetap utuh,” katanya.

Dalam kesempatan sosialisasi ini, Hj. Itje menyampaikan mengenai tujuan kegiatan. Setelah itu menjelaskan secara rinci mengenai Empat Pilar MPR RI.

“Bapak dan ibu sekalian yang saya banggakan tujuan dari pelaksanaan Sosialisasi 4 Pilar MPR ini adalah pertama untuk mendapatkan masukan dan saran dari masyarakat terhadap pelaksanaan Pancasila sebagai dasar negara kita, UUD 1945 sebagai hukum dasar Negara Republik Indonesia, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Tujuan berikutnya adalah tentu lebih memasyarakatkan dan membudayakan pentingnya membangun komunikasi antara masyarakat dan wakilnya,” katanya.

Hj. Itje menjelaskan bahwa prinsip-prinsip di dalam Pancasila, NKRI, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika  mengandung cita-cita luhur kebangsaan.

“Kita semua mempunyai mimpi besar agar bangsa dan negara kita  ‘merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur’. Inilah cita-cita kita Bersama,” katanya.

Untuk mewujudkan cita-cita itu, lanjut Hj. Itje, kita mempunyai misi yang menjadi tugas kita bersama.

“Misi itu adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, Memajukan kesejahteraan umum, Mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial,” pungkasnya. (KP02)